Header Ads

Menteri BUMN Amini Usul Pemkab OKI untuk Tambah Exit Tol Trans Sumatera



KAYUAGUNG—Menteri BUMN Rini Soemarno  tidak mempermasalahkan keinginan dari Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang berharap dibuatkan exit Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) ke sentra ekonomi lokal.

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi pembahasan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Karena untuk kepentingan masyarakat, tentu kita dukung teknisnya nanti di Kemen PUPR karena mereka yang punya wewenang” Ungkap Rini dijumpai di gerbang tol Kayuagung-Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, (27/8).

Meskipun pengerjaan tol ditarget selesai pada September nanti, Rini memastikan penambahan pintu tol tetap bisa dilaksanakan.

“Ada beberapa pekerjaan yang tetap dilaksanakan meski tol operasional seperti over pass maupun penambahan pintu tol” Kata Rini.

Rini yang melakukan kegiatan Susur Tol JTSS bersama sejumlah direksi BUMN.
Memproyeksi Ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Bakauheni (Lampung)-Palembang (Sumatera Selatan) sejauh 365 kilometer ditargetkan selesai pada akhir September 2019.

“Jika sesuai dengan target maka Presiden Joko Widodo akan susur sendiri tol ini dari Lampung ke Palembang," kata Rini.

Rini juga berujar pembangunan jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) memerlukan perlakuan khusus. Hal itu dikarenakan area yang dilintasi merupaka vegetasi rawa.

"Saya ikuti pembangunan tol ini dari awal. Saya tau kendala-kendalanya. Arealnya rawa-rawa sehingga memakan waktu sampai satlemen dari tanahnya," ungkapnya.

PT Hutama Karya (Persero),  selaku pelaksana pembangunan jalan tol optimis target yang ditetapkan Kementerian BUMN itu bakal tercapai.

"Mudah-mudahan cepat diresmikan sehingga angkutan logistik bisa lebih cepat dan berbiaya murah agar perekonomian jauh lebih baik," kata Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo yang turut serta pada kegiatan tersebut.

Sementara, SVP Division VII PT Waskita Karya (Persero),  Heri Supriyadi memastikan kesiapan ruas tol Terbangi besar-Pematang Panggang- Kayuagung.

“Kami laporkan kepada Ibu menteri ruas PP-KA untuk main road sudah 100 persen
PR kami tinggal ada 2 over pass yang akan selesai akhir agustus ditambah 7 rest area yang selesai bertahap” Ujar Heri

Untuk progres tol Kayuagung-Palembang sepanjang 33, 5 KM jelas Heri sudah mencapai 93 persen.

“Dari 33,5 km existing menyisakan 7,9 km yang belum aspal akhir Agustus kita target selesai dan biring road selesai di akhir September” ujar Heri.[agus]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.