Header Ads

Sekda H.Husin ; Asi Exlusif membangun Generasi muda sehat cerdas.



OKI - SUMSEL – Sekda Kabupaten OKI, H Husin, SPd MM, mengatakan, pertumbuhan balita harus diperhatikan sejak dini, mulai dari pemberian ASI Eksklusif, Imunisasi yang lengkap serta rajin ke Posyandu. Dengan upaya ini kedepannya bisa menghasilkan generasi sehat cerdas tanpa stunting.
Demikian diungkapkan Sekda, saat menutup acara Lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten OKI tahun 2019 di Kantor PKK OKI, Rabu (10/7/2019)
Husin juga memberikan tips agar para ibu bisa mendapatkan anak-anak yang bagus Al-Quran, salah satunya usaha yang bisa dilakukan yakni para ibu hamil harus sering-sering membaca dan mendengarkan Al-Qur’an. Bisa juga meminum air yang dibacakan Al-Quran.
Husin menambahkan generasi berkualitas harus disiapkan sejak sekarang, saat ini tantangan yang harus diselesaikan adalah persoalan stunting. Husin menjelaskan kepada para ibu yang hadir dalam acara lomba balita itu, jangan bisa menyebutnya saja.
Tapi harus benar benar memahami dari stunting itu sendiri, yakni anak tumbuh kembang yang lambat sebagaimana usianya. Tidak hanya fisik tapi otaknya juga.”Jadi para ibu harus benar- benar memperhatikan gizi anaknya. Bahkan sejak mereka dalam kandungan.”ujar Sekda.
Karena kata Sekda, karakter anak bisa dibentuk sejak masih dalam rahim ibunya. Namun kebanyakan sambung Husin, banyak juga prilaku menyimpang dari ibunya, yang kurang memperhatikan pertumbuhan dan karakter anaknya. Khusus bagi wanita karir. Sehingga karakter anak yang baik tidak bisa dibentuk.
Kepala Dinas Pendidikan OKI, HM Lubis SKM MKes, mengatakan, lomba balita Indonesia tingkat kabupaten OKI tahun 2019, dapat dijadikan momentum pembelajaran bagi para ibu untuk pentingnya memerhatikan pertumbuhan balitanya. Dan juga memotivasi para kader kesehatan dalam pentingnya mensosialisasikan gizi di masyarakat, sehingga dapat menciptakan generasi sehat cerdas tanpa stunting.
Acara lomba balita sehat tahun 2019 diikuti 36 peserta, terdiri dari dua kelompok usia, yakni 6 sampai 24 bulan dan usia 2 sampai 5 tahun.
[ As.tr ]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.