Header Ads

Bupati Oki Memgajak Anggota Pramuka Siaga Bencana KARHUTBUNLAH



KAYUAGUNG -OKI-SUMSE- Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar, SE mengajak Anggota Pramuka di OKI untuk siaga bencana.


Iskandar yang menjabat selaku Ketua Majlis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka di OKI ini mengingatkan agar dalam beberapa kasus seperti Karhutbunlah Pramuka harus juga bisa ambil bagian.


“Misalnya, dalam kasus kebakaran hutan kebun dan lahan, Pramuka bisa berperan menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya” Ungkap Iskandar yang membacakan sambutan Kakwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas) memimpin upacara peringatan HUT Pramuka tingkat Kabupaten OKI di Kantor Bupati OKI, Rabu (14/08) pagi.

Hal ini dinilainya bagian dari menjaga marwah Pramuka dalam bidang sosial dan berkontribusi membantu kesejahteraan masyarakat.

Menanggapi hal ini, ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kabupaten OKI, H Husin S. Pd, MM mengungkapkan, jika memang dibutuhkan gerakan Pramuka di OKI siap membantu dalam menangani bencana. Di OKI sendiri, salah satu bencana yang saat ini diantisipasi adalah terkait masalah karhutla.

Untuk itu, Pramuka sendiri menurut Husin siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengantisipasi hal ini.

“Pramuka harus tangguh. Karena di Pramuka itu sendiri ada Pramuka peduli tani, ada Pramuka peduli sosial, dan ada juga Pramuka peduli bencana bahkan kita juga mengirimkan anggota ketika dan kegiatan seperti musim mudik lebaran," ungkapnya usai apel.

Husin yang juga sekda OKI ini menambahkan, sekarang Pramuka sudah masuk dalam beberapa lembaga ataupun instansi seperti Polres, Kodim yang tergabung dalam satuan karya (saka).

"Dalam kegiatan apapun Pramuka sering kita kirim, yang penting sekecil apapun yang penting dia (anak Pramuka) itu bisa mengabdikan dirinya kepada negara," pungkasnya.
( Agus/relis humad ADV )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.