Header Ads

Kampung Pancasila Wujud Tingginya Toleransi di OKI

 

.


OKI--YORANG NEWS --Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila. Peresmian dilakukan oleh Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol, Rabu (23/3/2022). 

.

Desa Kepayang merupakan desa eks transmigrasi yang dihuni oleh berbagai etnis. Melalui program Kampung Pancasila yang digagas oleh  Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diharapkan memperkuat kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

.


Dandim Hendra menyampaikan ditunjuknya Desa Kepahyang berdasarkan kajian- kajian dan nilai kerukunan yang terjaga di Desa ini.

.

“Masyarakat di Desa ini telah mengimplementasi nilai-nikai Pancasila yang  sudah menjadi bagian dari pertahanan bangsa kita" Ujar Dandim

.

Dandim memastikan, selain di Desa Kepahayang, Kampung Pancasila juga dibentuk di Desa lain di Kabupaten OKI.


"Di akhir tahun, nantinya akan diadakan penilaian kampung Pancasila. Nilai yang terbaik akan mendapatkan penghargaan, ujar Dandim. 


Sementara Kepala Desa Kepahyang, Supriyadi mengapresiasi dan menyambut baik dibentuknya Kampung Pancasila. Ia berharap, dengan diresmikannya Kampung Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara.


"Ini penting guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Kepahyang. Harapannya kedepan dengan terbentuknya kampung pancasila menjadi Desa percontohan walaupun berbeda suku ras dan agama namun masyarakat hidup rukun dan damai" ujarnya.( Agus )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.