Header Ads

Bupati OI dan Kades Bangun Kebersamaan dengan "Melebung."

 



KABUPATEN Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan memiliki potensi perikanan air tawar yang dikenal dengan nama Lebak Lebung. Setiap tahun di saat musim air surut, saatnya pemilik Lebak Lebung panen ikan. Beraneka ragam jenis ikan yang dipanen, tapi kebanyakan jenis ikan Gabus, Sepat, Sapil dan Betok. Saat musim panen ikan tiba, tak jarang masyarakat panen secara bersama, tentu sekaligus menikmatinya dengan makan ikan secara keroyokan pula.



Jumat siang, 13 Oktober 2023, Bupati OI, Panca Wijaya Akbar bersama Forkopimda lainnya seperti Kapolres AKBP H Andi Baso Rahman, Dandim Letkol Inf Irsyad Pane, Kajari H Nur Surya, SH, MH  diundang "melebung" di Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang, sekaligus bersilaturahmi dengan para Kepala Desa se-Kabupaten Ogan Ilir.


Kegiatan "melebung" adalah memanen ikan secara bersama-sama di saat musim kemarau atau di saat air surut. Memang pada saat air surut, biasanya ikan terkumpul di sebuah lebung atau lokasi yang rendah, sehingga mudah diambil/dipanen.


Menurut Bupati Panca Wijaya Akbar, "melebung" adalah tradisi di daerah  Ogan Ilir setiap musim air surut, yang dilaksanakan masyarakat pemilik /penyewa lebung.


Selain meningkatkan silahturahmi antara Kepala Desa, kegiatan ini juga mengajak masyarakat mencintai sebuah budaya daerah yang esensinya adalah budaya gotong royong....caram seguguk.


Teruntuk Kepala Desa Se Kabupaten Ogan Ilir, Bupati muda ini, mengajak agar jangan lalai dalam menghadapi Karhutlah yang rawan terjadi saat ini, tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di wilayahnya masing-masing, ujar bupati.


Tentu kegiatan "melebung" ini berlangsung heboh. Keceriaan terlihat dari semua yang hadir. Terkadang teriakan muncul ketika ikan berhasil ditangkap. Dan diujung acara diakhiri makan bersama, dengan pindang dan panggangan ikan. Pokoknya asyiik dah... (ica/red )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.