Header Ads

Rahman Pulang Jajal Jalur Selatan Jawa

 



OGAN ILIR - TOTANG - ALHAMDULILLAH chek in home base II Jakarta, setelah 24 hari melanglang buana ke Bagian Tengah dan Timur Indonesia," ujar Drs H Abdul Rahman Rasyidi, , MM, MBA, Purnabakti ASN Pemkab Ogan Ilir yang sejak 25 September 2023 melakukan solo touring menggunakan sepeda motor dari Indralaya Ogan Ilir Sumsel ke Lombok NTB, lalu ke Maumere Flores NTT.


Solo touring ARR begitu inisial dari Abdul Rahman Rasyidi ini, dalam rangka Silaturrahmi dan Reuni Alumni IIP Angkatan 21, 14 Oktober 2023 di Malang Jawa Timur. Semula reuni ini akan digelar di Lombok awal Oktober, karena itu Rahman menuju Pulau Lombok. Tapi kemudian dialihkan ke Malang.


Mengisi waktu setelah melakukan eksplore Lombok, Rahman kemudian melanjutkan perjalanan ke Maumere Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memenuhi undangan dan harapan temannya yang juga alumni IIP.


Dari Lombok, Rahman menggeber sepeda motornya melintasi dua selat dan dua pulau yakni Sumbawa NTB dan Flores NTT sejauh 2.000 Km. Karena sukses menaklukkan Flores, Rahman diberi piagam penghargaan oleh Group Bikers Flores 1000 Tikungan.


Waktu pulang supaya tetap bisa ikut reuni, Rahman mengambil jalur laut dengan menumpang kapal   dari Ende NTT ke Surabaya selama 2 hari 3 malam.


Sesampai di Surabaya, Rahman kembali menggeber sepeda motornya menuju Pulau Madura dengan melintasi jembatan Suramadu, yang merupakan "jerambah" terpanjang di Indonesia saat ini. Dari Madura lalu Rahman menuju Malang untuk menghadiri reuni. Oleh Ketua Alumni IIP XXI, Rahman juga mendapat penghargaan sebagai Duta Persahabatan IIP. Diantara agenda reuni IIP XXI adalah ziarah ke makam Bung Karno/Ir H Soekarno, Presiden RI pertama dari tahun 1945 - 1966.


ZIARAHI PAK HARTO

Usai reuni pada Ahad siang, 15 Oktober 2023, Rahman bertolak pulang. Ia memilih jalur selatan Jawa, karena saat pergi ia melewati jalur Pantura Jawa.


Rahman menggeber motor memilih jalur Blitar, Trenggalek, Ponorogo, Solo, Klaten, Jogjakarta. Di perjalanan tersebut, Rahman mampir ziarah ke makam Pak Harto (Jenderal Besar H Muhammad Soeharto), Presiden RI 1966 - 1998 di Astana Giri Bangun, Kabupaten Karanganyar. Di komplek pemakaman keluarga ini, antara lain ada juga makam ibu Tien Soeharto (Hj Siti Hartinah), makam ortu Pak Harto, dan makan mantan Kasad Jenderal Wismoyo Arismunandar.


Di Jogjakarta, Rahman sempat menikmati pagi yang indah di Malioboro, dan dijamu makan siang oleh temannya, di warung tempat mangkal penggemar "Moge."


Selanjutnya dari Kota Gudeg itu, Rahman kembali melanjutkan perjalanannya dengan melintasi Lembah Tidar Magelang, Purwokerto, dan Kota Minyak Cilacap.


Di perbatasan Jateng - Jabar, tepatnya antara Kabupaten Cilacap (Jateng) dan Kabupaten Banjar (Jabar), Rahman sempat berfoto di tugu batas yang cukup indah. Ia kemudian melintasi Kota Dodol Garut, Kota Kembang Bandung dan membeli jaket Harley Davidson, melintasi kawasan Puncak, Kota Bogor lalu ke Jakarta. Rahman sampai di kediamannya di Jakarta, menjelang tengah malam tanggal 19 Oktober 2023.


Aktivitas Rahman bersepeda motor ini, sudah menjelajah sekitar 5. 000 Km dari rencana sebelumnya 4.000 Km.

Rahman melintasi tujuh daratan/pulau yakni Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa,  Flores, dan Madura. Juga menyeberangi empat selat yakni Selat Sunda, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Sumbawa, dan Selat Flores. Kemudian puluhan kota besar dan kecil. (ica/red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.