Header Ads

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H.Heri Amalindo mengukuhkan 26 Kepala Desa



PENDOPO – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H.Heri Amalindo mengukuhkan 26 Kepala Desa Persiapan, Selasa (11/6) Di Aula Kantor Bupati disaksikan Ketua DPRD PALI, Drs H Soemarjono, Kajari PALI, Yunita Arifin dan sejumlah kepala OPD serta FKPD dilingkungan Pemkab PALI.
“Desa Persiapan ini ada yang terbentuk sejak tahun 2015 dan ada yang tahun 2016 serta 2017. Artinya ada yang telah 4 tahun menjadi desa persiapan. Namun mari kita berdoa agar bersama-sama supaya tahun depan bisa menjadi desa definitif, karena saat ini berkasnya telah di ajukan ke Gubernur,” ungkap Bupati.
Meski masih desa persiapan, Bupati menekankan agar kepala desa tetap berbuat demi masyarakat. “Kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan, jadi bagusnya kabupaten tergantung pada para Kadesnya. Untuk itu jalankan amanah yang diucapkan dalam sumpah, yakni siap mengabdi untuk bangsa dan kesejahteraan rakyat,” tukas Bupati.
Sementara itu, A Gani Akhmad SH. MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten PALI membenarkan bahwa berkas 26 desa persiapan sudah diajukan ke Gubernur.
“Dalam satu tahun kedepan, 26 desa persiapan bakal dievaluasi. Dimana dalam 6 bulan sekali, kepala desa harus melaporkan kondisi desanya, seperti pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi serta yang lainnya,” ungkap A Gani.
Dalam masa evaluasi, diakui A Gani bahwa desa persiapan belum menerima Dana Desa (DD) tetapi mendapat bantuan dari Kabupaten melalui Alokasi Dana Desa (ADD) serta tahun 2019 ini bakal mendapat bantuan juga dari Pemprov sebesar Rp 50 juta.
“Tetapi bantuan dari provinsi sampai saat ini belum juga belum disalurkan,” tutupnya. (Lia )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.