Header Ads

Satgas TMMD Kodim 0402/OKI Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan dan Bhineka Tunggal

 



OKI -- Satgas TMMD Reguler ke-115 Kodim 0402/OKI, memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara serta Bhineka Tunggal Ika kepada warga di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kamis (3/11/2022) 


Koordinator Penyuluh sekaligus narasumber Kapten Kav Army Joyo mengatakan bahwa penyuluhan yang merupakan bagian dari kegiatan TMMD program non fisik ini difokuskan pada materi cinta tanah air pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.


"Materi tersebut guna terus meneguhkan kecintaan terhadap Indonesia termasuk dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Kav Army.


Kapten Kav Army menuturkan, kondisi masyarakat di Desa Cahya Bumi ini sangat beragam mulai dari suku yang mendiami, agama yang dianut hingga kehidupan budaya dan sosial.


"Untuk itu diperlukan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Bahwa meski keberagaman yang merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga dirawat dan dilestarikan," ujar Kapten Kav Army.


Lanjut Kapten Lav Army  dengan begitu maka Desa Cahya Bumi akan selalu damai, aman nyaman dan tentram serta jauh dari ancaman konflik dalam kehidupan bermasyarakat.


"Budaya memiliki tanggung jawab atas seluruh perbendaharaan perilaku komunikatif dan makna yang dimiliki setiap orang mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika pada masyarakat Indonesia juga menemui tantangan,” jelas Kapten Kav Army.


Kapten Kav Army menambahkan program bela negara saat ini kembali digalakkan karena sangat penting diterapkan di seluruh lapisan masyarakat.


"Selain untuk memupuk jiwa cinta tanah air di dalam materi pembekalan ini juga kita tekankan pada pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan disiplin serta etos kerja serta toleransi dan rasa saling menghargai," tutupnya.( Penmas kodim oki/ agus )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.